Scroll to top

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Yang Super Mudah Buat Kamu Coba!

Laptop yang digunakan semakin lama akan mengalami yang namanya penurunan performa, penurunan performa laptop ini lah yang hendak terus menjadi penyebab utama lambatnya sebuah laptop. Proses loading jadi lelet, ataupun membuka aplikasi tidak secepat sedia kala. Cara mengatasi laptop lemot akan kamu cari cari jika sudah mengalami hal ini pastinya.

Sebab, layaknya produk elektronik lain, laptop juga dapat hadapi penyusutan performa, masalah ini menjadi sebuah perihal yang normal, meski spesifikasinya besar. Terlebih bila settingan pada laptop kurang optimal. Perihal ini merujuk pada sebagian laptop gaming terkini yang telah mulai banyak diberi pembekalan aplikasi performance yang super canggih.

Dengan beberapa penyebab utama laptop menjadi lemot yang telah kamu ketahui sebelumnya. laptop yang telah lemot dapat dikembalikan lagi performanya menjadi lebih cepat loh Kips. Cara mengatasi laptop yang akan kipas kipas bagikan berikut ini bisa kamu terapkan untuk membuat laptop kesayanganmu kembali ke performa awal.

Namun wajib kamu ingat ya Kips! cara- cara yang akan kipas kipas bagikan berikut ini tidak sepenuhnya bisa mengembalikan kecepatan laptop kamu menjadi seperti semula, Namun paling tidak kamu bisa membuatnya menjadi sedikit lebih cepat dan tidak terlalu lemot.

cara mengatasi laptop lemot anti ribet by pexels

1. Buang Semua Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Jika kamu telah memiliki sebuah laptop, kadang Kips juga ingin membuat laptop tersebut berfungsi dengan optimal lewat bermacam aplikasi. Tetapi, bila kamu menginstal terlalu banyak aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C di laptop kamu nantinya akan menjadi penuh dan membuat sistem pada laptop menjadi sangat lama dalam membaca hard disk.

Dampak jangka panjangnya, pasti kebiasaan satu ini juga bisa menjadi salah satu pemicu laptop menjadi lebih lemot. Cara mengatasi laptop lemot yang satu ini dapat kamu praktikan demi membuat laptop menjadi lebih cepat dengan cukup mudah dan sangat simple.

Kamu dapat memulainya dengan memilih beberapa aplikasi yang tidak sering kamu gunakan. Kamu dapat juga mengecek beberapa aplikasi yang tidak terencana terinstall kala lagi melaksanakan browsing, kemudian kala melaksanakan unduh konten dari web tertentu, ataupun pada dikala melaksanakan install. Gunakan aplikasi yang cocok dengan kebutuhan kamu saja, sebab sangat sayang bila hingga memori penuh sebab aplikasi yang kerap menganggur. 

2. Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Menginstall Antivirus

Salah satu alasan klasik yang sering kamu temui saat mengalami laptop lemot adalah serangan virus ataupun malware. Seperti manusia, laptop juga dapat terserang penyakit yang berdampak pada menyusutnya performa laptop loh Kips. Untuk itu salah satu cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstall Antivirus pada laptop kamu.

Nah agar laptop tidak lemot sebab serbuan virus, Kamu dapat pasang antivirus terbaik buat melenyapkan seluruh berbagai virus. Serta yakinkan buat senantiasa mengeceknya secara teratur. Tidak hanya itu, senantiasa pembaharuan antivirus itu supaya bermacam berbagai virus bisa terbaca dengan antivirus yang telah diinstal.

3. Install Aplikasi Yang Sesuai Dengan Kapasitas Laptop

Saat sebelum membeli, kamu sebagai orang yang akan menjadi pemilik laptop tersebut wajib ketahui spesifikasi dari laptop tersebut terlebih dahulu. Hal yang satu ini akan menolong kamu dalam memperhitungkan apakah aplikasi yang mau dimasukkan ke dalam laptop telah cocok dengan spesifikasinya ataupun tidak.

Contohnya, kita menginstall permainan berat kesukaan sementara itu spesifikasi processor serta RAM tidak mencukupi. Apabila senantiasa memforsir memasang aplikasi itu di laptop, hingga jangan heran sesuatu dikala laptop hendak jadi lemot. Solusinya, jangan memaksakan keahlian laptop. Memilih aplikasi alternatif ataupun yang spesifikasinya lebih rendah, selaku salah satu metode membuat laptop tidak lemot. Dengan spesifikasi yang pas serta cocok, hingga Kamu dapat menanggulangi laptop lemot, serta membuat performanya terus menjadi baik serta terpelihara.

4. Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Membesar Kapasitas Ram

Cara mengatasi laptop lemot yang satu ini memang menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan oleh siapapun.Kadang, saat membeli sebuah laptop Kips pasti membeli sebuah laptop yang lebih murah dengan kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. Namun hal ini juga berdampak pada kecepatan laptop kamu loh Kips.

Sementara itu Kamu yang ingin mempunyai laptop yang lebih cepat, Adanya kapasitas RAM yang besar seperti kapasitas RAM 8 GB ataupun RAM 16 GB dapat memberikan kamu keleluasaan dan kecepatan yang sangat bisa diandalkan saat kamu menggunakan laptopmu. Tapi tenang aja Kips, kamu juga bisa kok menggunakan cara mengatasi Laptop lemot dengan memberinya kapasitas RAM tambahan yang bisa kamu beli. 

5. Reset Ulang Windows

Umur laptop yang telah tua tidak cuma pengaruhi kinerja hardware saja loh Kips, tetapi juga berdampak langsung pada beberapa aplikasi. Salah satu yang sangat kerap terbawa- bawa merupakan sistem pembedahan utama laptop yaitu Windows. Bila Windows telah error, hingga kinerjanya jadi tidak maksimal ataupun kerap crash.

Apabila telah sangat parah, kami sarankan buat mereset ataupun menginstall ulang Windows Kamu. Tetapi, jika Kamu tertarik, Kamu pula dapat mengubah Windows ke OS lain yang lebih enteng, semacam Linux, terdapat banyak OS berbasis Linux yang tersebar dikala ini, tinggal Kamu seleksi yang menurutmu cocok. Memanglah, wajib diakui jika Windows jauh lebih menunjang produktivitas dengan banyaknya fitur yang dibawa. Tetapi paling tidak peralihan OS ini hendak membuat kinerja laptop jadi lebih baik.

Itu tadi beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Namun ingat ya Kips, cara cara di atas tidak bisa memberikan kecepatan laptop yang cukup signifikan layaknya laptop baru. Yuk temukan banyak informasi menarik lainnya hanya di aplikasi sosial media Kipaskipas.

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.