Scroll to top

5 Dampak Pemanasan Global Yang Ternyata Super Mengerikan!

Dengan semakin lalainya manusia dalam menjaga kondisi bumi ini, tentu akan membuat keadaan dari bumi sendiri semakin buruk dari hari ke hari. Hal ini diperparah dengan beberapa kegiatan yang akan membuat bumi semakin parah. Mulai dari penebangan liar hingga polusi yang tak ada habisnya dari waktu ke waktu akan memperparah dampak pemanasan global yang dialami oleh bumi kita tercinta ini.

Berbicara tentang dampak pemanasan global, tentu kalimat yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk kamu dengar sejak lama.  Tapi sebelumnya, Kips sudah tau belum sih apa itu dampak pemanasan global? Pemanasan global sendiri merupakan sebuah kondisi dimana kenaikan suhu bumi yang semakin tidak terkendali dari hari ke hari.

Hal ini lah yang membuat efek rumah kaca terjadi pada bumi kita saat ini. Dimana efek rumah kaca ini lah yang bisa membuat atmosfer menjadi semakin menipis dan membuat panas matahari terperangkap dan tidak bisa keluar dari dalam bumi. Bahkan dampak pemanasan global ini telah terjadi sejak 2 abad yang lalu loh Kips.

Untuk itu sangat penting buat kamu menjaga bumi kita ini dengan berbagai cara. Kamu dapat melakukan cara cara yang sekiranya dapat menyelamatkan bumi ini untuk hidup lebih lama lagi ya Kips. Berikut kipas kipas akan membahas beberapa dampak pemanasan global yang super berbahaya dan wajib banget untuk kamu waspadai. Yuk simak ulasan dari Kipaskipas berikut!

Dampak pemanasan global

1. Semakin Luas Area Kutub Utara Yang Meleleh

Dampak Pemanasan Global pertama yang sudah kita rasakan saat ini adalah masalah es yang ada pada kutub utara. Yap beberapa waktu belakangan, memang masalah satu ini menjadi perhatian banyak orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Hampir setiap harinya, wilayah kutub utara selalu mengalami lelehan es yang semakin luas dari waktu ke waktu nih Kips. 

Menurut beberapa ahli, dampak pemanasan global yang kita rasakan saat ini bisa membuat es di kutub utara mencair dua kali lebih cepat daripada sebelumnya. Dimulai sejak 13 tahun lalu, ada sekitar 3% es di kutub utara yang mengalami pencairan akibat pemanasan global tersebut.

Suhu bumi yang terus meningkat dari hari ke hari menjadi salah satu penyebab utama dari timbulnya masalah yang satu ini. Bahkan jika kondisi dan situasi ini terus dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin patahan besar pada es lainnya ada terjadi dan membuat lelehan es di kutub utara semakin meluas.

2. Dampak Pemanasan Global Pada Suhu Bumi Yang Terus Meningkat

Kips pernah merasa nggak sih jika suhu permukaan di bumi ini semakin panas setiap harinya?  Yap bener banget nih Kips! Salah satu dampak pemanasan global yang paling mengerikan terjadi adalah gelombang udara panas. Gelombang panas ini sangat berbahaya untuk kelangsungan makhluk hidup loh Kips. Mulai dari manusia, hewan bahkan tumbuhan dapat terancam kehidupannya dengan gelombang panas yang satu ini.

Bahkan efek lainnya yang bisa saja terjadi dari dampak pemanasan global yang satu ini adalah timbulnya kebakaran hutan di berbagai wilayah yang terdampak. Jika hal ini sudah terjadi, tentu akan banyak merubah ekosistem kehidupan di dalamnya dan sangat buruk bagi kesehatan makhluk hidup di dalamnya. Jadi sebelum itu semua terjadi lebih parah, Yuk kita mulai menjadi kelestarian bumi ini lebih giat lagi.

3. Dampak Pemanasan Global Pada Kerusakan Ekosistem Laut

Saat suhu air laut mengalami peningkatan akibat suhu udara yang sama naiknya, tentu hal ini juga berdampak secara langsung pada ekosistem kehidupan biota laut. Kamu wajib tahu nih Kips, Seluruh tempat hidup dari makhluk hidup memiliki batasan suhu ideal yang bisa mendukung kelangsungan hidup mereka,tak terkecuali kehidupan di laut.

Apalagi dengan banyaknya karbon dioksida yang mencemari air laut dan merusak semua kadar pH dari air tersebut. Tentu hal ini bisa membuat air laut memiliki kandungan asam yang lebih tinggi yang tidak bisa diterima oleh semua makhluk hidup. Untuk itu, demi menjaga laut di muka bumi ini tetap indah dan bermanfaat, kamu wajib banget memperhatikan dampak global warming yang satu agar dapat teratasi.

4. Banjir Yang Terjadi Terus Menerus

Saat bumi mengalami perubahan iklim, tentunya frekuensi banjir yang biasa terjadi di muka bumi ini akan semakin tinggi dan terjadi secara terus menerus. Hal ini menjadi salah satu dampak pemanasan global yang telah kita rasakan belakangan ini. Dampak yang satu ini memang tidak luput dari adanya kondisi cuaca ekstrim yang tidak menentu. Dengan kondisi tersebut tentu banyak air yang tidak bisa terserap dengan sempurna dimuka bumi ini dan membuatnya menjadi banjir yang berkepanjangan. Sebelum banjirnya semakin parah, yuk jaga lingkungan yang kelestarian bumi kita mulai dari sekarang Kips.

5. Lempeng Bumi Yang Semakin Mudah Bergeser

Nah kalau dampak pemanasan global yang satu ini mungkin terdengar cukup ekstrim apabila terjadi sekarang. Pasalnya pergeseran bumi bukan hanya membuat letak tanah di sekitar kamu menjadi berubah loh Kips, Jika pergeseran lempeng terjadi cukup besar, bukan tidak mungkin gempa bumi yang cukup dahsyat dapat memporak porandakan lingkungan kita semua.

Pergeseran lempeng bumi ini terjadi bukan tanpa sebab ya Kips. Dengan semakin panasnya permukaan bumi dari hari ke hari, membuat daya rekat lempeng bumi menjadi berkurang dan memudahkannya untuk mengalami pergeseran. Serem banget kan Kips?

Itu tadi beberapa dampak pemanasan global yang wajib banget untuk kamu waspadai. Mulai dari sekarang, cobalah untuk mengurangi polusi yang dapat menyebabkan dampak dari pemanasan global semakin parah ya Kips. Kalau bukan kamu yang menyelamatkan bumi ini, siapa lagi? Yuk donwload aplikasi sosial media terlengkap kipaskipas untuk mendapatkan informasi menarik yang lainnya. Tak hanya bisa bersosial media, dengan aplikasi tersebut, kamu juga bisa melakukan segala aktifitas seru lainnya dalam satu aplikasi sekaligus. Tunggu apalagi? Donwload Kipaskipas sekarang juga!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.