Scroll to top

5 Fakta Super Menarik Gaji Masinis Kereta Api

Kereta api memang kerap menjadi transportasi andalan buat kamu yang ingin bepergian dengan jarak yang cukup jauh. Pasalnya, dengan menggunakan alat transportasi yang satu ini, kamu bisa mendapatkan transportasi dengan tarif terjangkau dan juga pemandangan yang sangat menakjubkan. Tapi kamu tau nggak sih Kips berapa besaran gaji dari seorang masinis kereta api dan juga bagaimana untuk menjadi masinis tersebut? Yuk simak ulasan kipas kipas berikut ini Kips!

Masinis menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas terkendalinya sebuah kereta. Masinis inilah yang membuat perjalanan panjang kamu menjadi lebih nyaman dan aman loh Kips. Tentu dengan tanggung jawab yang sebesar itu, gaji masinis tidak bisa dianggap remeh nominalnya.

Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai gaji masinis yang bisa kamu ketahui. Siapa tau ada dari kamu yang ingin pindah profesi menjadi seorang masinis nih Kips. penasaran kan faktanya? Yuk simak ulasan berikut ini!

gaji masinis kereta api by iyanip3

1. Seorang Masinis Nggak Cuma Gas Dan Rem Saja Loh

Mungkin banyak dari kamu yang menganggap pekerjaan masinis ini cukup mudah. Dengan lajur yang telah disediakan, banyak juga dari kamu yang menganggap jika pekerjaan satu ini hanya memerlukan gas dan juga rem. Namun pada kenyataannya tidak semudah itu loh Kips.

Tanggung jawab dan gaji masinis yang cukup besar memang juga dibarengi dengan beberapa kemampuan yang wajib dikuasai oleh seorang masinis. Mereka wajib mengatur banyak teknis yang berkaitan dengan lajunya kereta tersebut. Mulai dari titik laju, besarnya kecepatan hingga titik pengereman wajib diperhatikan betul betul guna menjamin keselamatan penumpang.

Bayangkan saja nih Kips, kecepatan kereta yang bisa mencapai 90 km per jam, tentu dibutuhkan beberapa teknik pengereman dan tidak bisa sembarangan. Karena jika tidak kereta bisa saja keluar dari lajur dan sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang. Jadi jangan beranggapan seorang masinis cuma gas dan rem saja ya Kips!

2. Gaji Masinis Yang Besar Juga Dibarengi Dengan Jam Kerja Yang Panjang

Jam kerja masinis bukan seperti pekerja pada umumnya loh Kips. Tak heran jika gaji masinis juga bisa di atas rata rata, karena jam kerjanya yang juga cukup panjang. Bahkan tak jarang seorang masinis harus rela menginap beberapa malam untuk menyelesaikan perjalanan mereka jika perjalanannya cukup jauh.

Umumnya, seorang masinis menjalankan perjalanan dan kereta mereka dengan waktu 6 sampai 10 jam. Namun untuk beberapa lajur di Indonesia, waktu tersebut tidak berlaku loh Kips karena panjangnya jalur yang mesti ditempuh tersebut.

3. Gaji Masinis Yang Besar Juga Penuh Pengorbanan Di Hari Libur

Sebagai salah satu pekerjaan di bidang pelayanan public, Tentu menjadi seorang masinis membutuhkan banyak pengorbanan yang mesti diterima. Salah satu pengorbanan yang kerap menjadi tantangan terberat adalah masih harus tetap bekerja walau sedang hari libur maupun hari raya. Mulai dari hari natal hingga hari lebaran, pekerjaan yang mereka lakukan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya loh Kips.

Tentu alasan yang satu ini menjadi salah satu alasan terkuat gaji masinis yang cukup besar. Bagaimana tidak? Ada banyak keluarga dan sanak saudara yang mesti ditinggalkan saat merayakan hari besar yang seharusnya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga tercinta.

4. Banyak Pendidikan Yang Wajib Dilalui

Tanpa kamu ketahui, ternyata seorang masinis juga membutuhkan pendidikan militer sebelum mereka dapat menjalankan tugasnya loh Kips. Hal ini disebabkan karena profesi masinis ini merupakan salah satu pekerjaan yang menuntut fisik yang prima dan juga mental yang kuat. 

Pelatihan yang biasa disebut dengan BPPT atau balai pendidikan dan pelatihan traksi ini merupakan salah satu pendidikan yang wajib ditempuh oleh seorang calon masinis. Usai menamatkan pendidikan SMA, mereka wajib banget untuk menjalankan pendidikan lanjutan yang satu ini selama tiga tahun lamanya loh Kips.

Barulah setelah lulus menjalankan program yang satu ini, para calon masinis tersebut mendapatkan kesempatan magang di DEPOT atau perawatan kereta api terlebih dahulu. Jadi tidak asal bisa menjadi masinis begitu saja loh KIps. Ada banyak hal yang mesti dilalui seorang masinis untuk mendapatkan karir profesional mereka. Nggak heran ya Kips jika gaji masinis cukup besar.

5. Jam Terbang 2000 Jam Menjadi Syarat Utama Menjadi Seorang Masinis

Setelah melakukan program magang di DEPOT kereta dan mendapatkan sertifikasi sebagai seorang masinis, Tak membuat kamu langsung mendapatkan pekerjaan sebagai seorang masinis yang sesungguhnya. Masih ada beberapa tahapan yang mesti kamu jalankan untuk menjadi masinis yang seutuhnya.

Salah satunya adalah jam terbang selama 2000 jam. Seorang masinis utama wajib menjalankan kereta api sebagai asisten masinis selama 2000 jam lamanya lho Kips. Dengan begitu, kamu akan sangat terbiasa dan begitu paham dengan pekerjaan yang kamu jalankan nantinya. Walaupun gaji masinis cukup besar, ternyata untuk mendapatkan itu semua dibutuhkan usaha yang keras dan tak kenal lelah.

Itu tadi beberapa fakta unik dan menarik yang kamu bisa temukan tentang profesi dan juga gaji masinis kereta api. Ternyata di balik besarnya penghasilan yang mereka dapatkan, ada banyak beban dan tanggung jawab juga yang mesti mereka emban loh Kips. Yuk temukan informasi menarik lainnya hanya di aplikasi sosial media kipas kipas!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.