Scroll to top

Fakta Menarik Dan Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat

Belakangan Profesi dan juga gaji tukang parkir pesawat menjadi sorotan nih Kips. Banyak dari kamu yang sering menanyakan pekerjaan yang satu ini karena dianggap unik dan jarang diketahui banyak orang. Padahal jika di kulik lebih dalam, kamu bakal menemukan fakta fakta menarik dari pekerjaan dan juga gaji tukang parkir pesawat yang satu ini.

Marshaller atau bisa dikenal dengan tukang parkir pesawat memang memiliki tanggung jawab utama untuk membuat laju pesawat di landasan pacu tepat dan sesuai dengan seharusnya. Karena seringnya mengatur lalu lintas pesawat di landasan pacu ini lah yang membuat marshaller lebih dikenal dengan juru parkir pesawat.

Namun berbeda dengan juru parkir pada umumnya, gaji tukang parkir pesawat tidak boleh Kips anggap remeh loh. Bahkan besaran gaji dari seorang marshaller bisa mencapai 500 juta lebih dalam setahun. Cukup bikin kamu tercengang kan Kips?

Namun besaran gaji tersebut memang sebanding dengan beban tanggung jawab yang sangat berat nih Kips. Seorang marshaller harus bisa membuat letak pesawat yang hendak lepas landas maupun telah mendarat sesuai dengan yang diatur. Untuk itu diperlukan seseorang yang betul betul memiliki kecakapan dan juga ke hati hatian dalam menjalankan pekerjaan yang satu ini.

Pada dasarnya, gaji tukang parkir pesawat per bulan di indonesia tidak terlalu besar loh Kips. Namun kebijakan ini berbeda di setiap maskapai yang menaunginya. Bahkan beberapa senior dalam pekerjaan ini telah mendapatkan gaji yang mencapai ratusan juta per tahunnya. 

Nah buat kamu yang penasaran dengan pekerjaan yang satu ini, berikut Kipaskipas akan membahas tuntas fakta fakta menarik tentang profesi dan gaji tukang parkir pesawat di Indonesia. Penasaran kan? Yuk simak ulasan berikut ini!

gaji tukang parkir pesawat

1. Bertanggung Jawab Penuh Untuk Memandu Pesawat

Sama halnya dengan mobil yang ada di jalan, tukang parkir pesawat terbang jug wajib menuntun dan juga memandung pesawat tersebut ke jalur dan lokasi parkir yang telah ditentukan. Kegiatan ini memang sangat mirip dengan tukang parkir mobil pada umumnya. Namun jika dilihat lebih lanjut lagi, memarkirkan pesawat yang sangat besar ukurannya memiliki beban dan tanggung jawab yang cukup berat. 

Seorang marshaller harus bisa berkomunikasi baik dengan pilot yang ada guna memberikan arahan kepada sang pilot. Tidak lupa juga mereka akan memberikan tanda dan aba aba sesuai dengan arahan guna menuntun pilot menempatkan pesawatnya dengan baik dan benar. Belum lagi jika situasi cuaca yang tidak mendukung nih Kips, seorang marshaller harus tetap bekerja dengan optimal. 

2. Dibutuhkan Koordinasi Yang Cukup Baik

Sehubung dengan eratnya pekerjaan yang satu ini dengan lepas dan mendaratnya pesawat, tentu tidak bisa seorang marshaller lengah dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dengan segala pihak. Untuk itu, gaji tukang parkir pesawat yang cukup besar tentunya akan sebanding dengan pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi nih Kips.

Koordinasi menjadi hal wajib yang mesti dikuasai oleh seorang marshaller dengan pilot maupun pihak lainnya. Hal ini demi terciptanya lajur pesawat yang aman dan juga sesuai yang diharapkan. Dengan tingginya resiko itu juga, seorang marshaller akan dilindungi oleh asuransi jiwa dan proteksi lainnya demi berjaga jaga dari hal hal yang tidak di dinginkan.

3. 5 Pesawat Bisa Di Parkirkan Dalam Sehari

Biasanya jam kerja yang diterapkan pada seorang marshaller bergantung pada maskapai penerbangan masing masing nih Kips. Namun kebanyakan mereka hanya menghabiskan waktu 13 jam dalam sehari dengan ketentuan shift yang berlaku untuk melakukan pekerjaan mereka.

Dan dalam rentan waktu tersebut, umumnya seorang marshaller akan memarkirkan sebanyak lima pesawat terbang sesuai dengan arahan yang baik dan benar. Gaji wajar saja dong Kips jika gaji tukang parkir pesawat sebulan yang cukup besar mengingat jam kerjanya juga cukup panjang.

4. Gaji Tukang Parkir Pesawat Dan Pekerjaan Yang Wajib Dengan Baju Lengkap

Tukang parkir pesawat juga wajib banget memperhatikan keselamatan mereka dalam bekerja loh Kips. Tak heran jika terdapat begitu banyak alat keamanan yang melindungi mereka dalam bekerja setiap harinya. Seorang marshaller harus mengenakan pakaian yang sesuai dengan standar pekerjaan guna memberikan rasa aman yang lebih tinggi.

Dan juga telinga mereka harus tetap terlindungi dari kebisingan yang cukup tinggi yang dihasilkan oleh pesawat terbang sendiri. Pasalnya jarak antara keduanya memang sangat berdekatan nih Kips. Jika tidak dilindungi dengan baik, bukan tidak mungkin telinga seorang marshaller akan mengalami gangguan yang cukup serius.

Tak lupa juga untuk mengenakan kostum berwarna terang dan juga jaket yang telah dilengkapi dengan neon guna memberi visualisasi lebih jelas kepada sang pilot yang ada di dalam kokpit.

Gimana Kips? Masih tertarik nggak nih dengan pekerjaan dan juga gaji tukang parkir pesawat yang satu ini. Biar bagaimanapun juga, kamu yang ingin menekuni profesi yang satu ini wajib memiliki tanggung jawab yang besar loh Kips. Tak heran jika besaran benefit yang kamu terima nantinya tak kalah besar dari resiko yang akan kamu hadapi.

Seru banget kan artikel tentang profesi dan gaji tukang parkir pesawat terbang di atas? Nah kamu yang ingin menambawah wawasan kamu lebih luas lagi, Yuk donwload aplikasi sosial media kipas kipas sekarang juga!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.