Scroll to top

Kamu Wajib Tahu 5 Perbedaan Kadas Dan Kurap Berikut Ini Biar Kamu Pintar!

Penyakit kulit satu ini cukup sering dialami baik anak maupun orang dewasa. Kadas, kurap, kudis dan panu biasanya menyerang kulit di anggota tubuh yang sering berkeringat. Apa sebenarnya perbedaan kadas dan kurap tersebut ya Kips? Berikut ulasan Kipaskipas akan perbedaan kadas dan kurap yang wajib kamu ketahui.

Rasa gatal tak tertahankan dan keinginan untuk menggaruk sebaiknya ditahan ya Kips. Meski keempatnya sering dialami dan dijumpai, rupanya masih banyak orang tua yang belum tahu perbedaan kadas, kurap, kudis dan panu. Kebiasaan menggaruk tersebut tidak akan membuat permasalahan kulit tersebut menjadi hilang dan malah bertambah parah.

Selain penting untuk melakukan langkah pencegahan, dengan mengetahui perbedaan kadas dan kurap, Kips bisa segera memberikan pengobatan yang efektif sesuai gejala serta penyebabnya.

Supaya tidak tertukar lagi, perhatikan dulu perbedaan kadas dan kurap berikut ini ya Kips!

perbedaan kadas dan kurap paling umum

1. Perbedaan Kadas Dan Kurap Dari Segi Pengertian

Kadas adalah kondisi kulit yang mengalami infeksi jamur. Melansir Centers for Disease Control and Prevention, infeksi jamur disebabkan dari beragam spesies jamur. Jamur ini yang menyebabkan kadas pada kulit.

Penyakit Kadas sangat mudah menular. Proses penularannya dapat melalui kontak erat dengan penderita, hewan yang menderita kadas, benda-benda yang dipakai penderita, bahkan lingkungan sekitar yang memiliki jamur penyebab kadas.

Sama seperti kurap, ruam penyebab kudis juga menimbulkan gatal-gatal. Namun yang menjadi perbedaan kadas dan kurap terletak pada bercaknya nih Kips. Bercak kudis biasanya memiliki benjolan kecil seperti jerawat di dalamnya. Terkadang, kamu juga melihat seperti ada seperti jarum kecil di kulit.

2. Gejala Kadas Dan Kurap Juga Berbeda

Gejala yang biasa dimunculkan dari penyakit kurap adalah timbulnya benjolan pada kulit yang bersisik dan berwarna merah. Lama kelamaan benjolan atau kulit bersisik ini akan semakin jelas bentuk tonjolannya.

Permukaan pada benjolan biasanya mulus, bersisik, dan timbul bintik-bintik merah. Biasanya kadas ditemukan di berbagai bagian kulit, termasuk kulit kepala. Rasa gatal tak tertahankan. Perbedaan kadas dan kurap pada satu ini terletak pada gejalanya nih Kips.

Biasanya gejala dari kadas sendiri akan ditandai dengan munculnya area bersisik berwarna merah di permukaan kulit. Tak jarang kamu juga akan menemukan ruam merah membentuk cincin yang memiliki rasa gatal dan disertai dengan sensasi panas. Area cincin yang ada di sekitar benjolan tersebut juga akan semakin terlihat jelas dari waktu ke waktu nih Kips.

Bedanya, gejala Kurap satu ini bisa kamu temukan di area area tertentu saja nih Kips. Seperti tangan, kaki, wajah dan tubuh lainnya.

3. Perbedaan Kadas Dan Kurap Dari Penyebabnya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kudis merupakan penyakit kulit yang tidak disebabkan langsung oleh jamur, melainkan disebabkan adanya tungau yang hinggap di sekitar tempat kamu tinggal. Berbeda dengan kurap, Penyebab penyakit kurap sendiri adalah jamur yang hidup di lapisan terluar kulit. Trichophyton, microsporum, dan epidermophyton adalah tiga jenis jamur berbeda yang dapat menyebabkan infeksi ini. Jamur ini juga bisa hidup dalam waktu yang lama sebagai spora di tanah. 

Nah dengan adanya perbedaan penyebab tersebut tentu Kips juga harus melakukan treatment yang berbeda untuk pengobatan masing masing permasalahan tersebut. Kipaskipas juga akan membahas pengobatan untuk keduanya kok Kips. Jadi kamu nggak perlu khawatir ya!

4. Pengobatan Keduanya Masih Mirip Mirip

Pada dasarnya yang menjadi pembeda antara kadas dan kurap dalam hal pengobatan tidaklah terlalu berbeda loh Kips. Jika kondisi kadas maupun kurap kamu belum parah dan masih bisa diatasi dengan cara ini di rumah. Gunakan salep kurap atau antijamur yang bisa dibeli tanpa resep dokter di berbagai apotik di sekitar rumah kamu.

Salep anti jamur mengandung clotrimazole atau miconazole. Kandungan utama ini untuk mencegah jamur berkembangbiak dan membuat rasa gatal yang di timbulkan dari jamur tersebut menjadi berkurang dan hilang dalam waktu yang akan datang.

Jangan lupa untuk mengoleskannya secara rutin dan dengan dosis yang tepat ya Kips. Apabila kamu belum mengalami kemajuan dari pengobatan yang kamu lakukan selama 2 minggu, alangkah baiknya kamu segera mengkonsultasikannya lebih lanjut ke dokter.

Selain itu, Jangan lupa juga untuk rajin mengganti sprei secara berkala ya Kips. Ini agar kurap dan kadas tidak menyebar ke anggota tubuh lain. Perbedaan kadas dan kurap di atas juga masih banyak lagi kok Kips. Namun perbedaan tersebut akan berbeda pada masing masing individu sesuai dengan imun tubuh mereka.

Pada area kulit yang gatal, kamu juga bisa melakukan kompres menggunakan air dingin atau air panas selama 20 menit untuk menghilangkan rasa gatalnya kok Kips. Selain itu, treatment satu  Ini untuk membunuh jamur yang menempel pada kulit kamu. 

Kamu juga bisa loh Kips sharing masalah perbedaan kadas dan kurap ini menggunakan aplikasi sosial media Kipaskipas. Tak hanya bersosial media, kamu juga bisa berbelanja online dengan sangat mudah menggunakan satu aplikasi sekaligus. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Kipaskipas sekarang!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.