Scroll to top

5 Penyebab Sakit Gigi Yang Wajib Kamu Waspadai, Kudu Tau nih Kips!

Sakit gigi menjadi salah satu problem yang paling sering dihadapi oleh banyak orang. Tak jarang dari Kips yang mengalami kondisi satu ini merasakan munculnya rasa nyeri pada sekitar gigi dan rahang yang begitu mengganggu dan bikin kamu pusing bahkan stress. Karena pada dasarnya gejala sakit yang satu ini memiliki tingkat keparahan yang bervariasi. Semua hal itu berkaitan langsung dengan penyebab sakit gigi yang kamu alami tersebut.

Biasanya nyeri yang dirasakan oleh para penderita saat sakit gigi akan terasa sangat mengganggu ketika kamu memakan beberapa makanan atau minuman yang memiliki suhu yang begitu ekstrim. Baik itu terlalu panas maupun terlalu dingin pasti akan membuat saraf di sekitar gigi kamu menjadi terganggu loh Kips. Namun masih banyak kok penyebab sakit gigi lainnya yang bisa kamu cegah sejak dini untuk membuat permasalahan satu ini tidak menghampirimu.

Kerusakan gigi menjadi salah satu penyebab sakit gigi yang paling utama yang kerap dialami oleh banyak orang. Penyebab sakit gigi yang satu ini kerap menyerang siapapun anak-anak maupun orang dewasa. Bakteri yang tinggal di mulutmu bertumbuh dengan sangat pesat akibat dari gula atau sari dalam makanan yang Kips konsumsi. Bakteri inilah yang nantinya akan membentuk sebuah plak lengket yang menempel pada permukaan gigi. Asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak dapat mengikis lapisan putih keras di bagian luar gigi kamu (enamel) dan menciptakan rongga. 

Namun tak hanya kerusakan gigi saja loh Kips yang menjadi penyebab sakit gigi yang kerap kamu alami selama ini. Masih banyak penyebab lainnya yang bisa kamu waspadai sejak dini agar permasalahan satu ini tidak menghampiri mu. Nah buat kamu yang penasaran dengan apa saja penyebab sakit gigi lainnya, berikut Kipas kipas telah merangkum beberapa penyebab sakit gigi lainnya yang paling sering di alami oleh banyak orang!

7 Penyebab Sakit Gigi Yang Paling Sering Di Alami Oleh Banyak Orang, Wajib Waspada!

penyebab sakit gigi wajib diwaspadai

1. Penyebab Sakit Gigi Yang Disebabkan Oleh Abses Gigi

Buat Kips yang masih kurang familiar dengan kata kata ini mungkin ada baiknya jika kamu menyimak pembahasan Kipaskipas berikut ini. Abses gigi merupakan salah satu gejala penyebab sakit gigi yang ditimbulkan dari terbentuknya kantung atau gundukan berisi nanah pada gigi kamu.Membayangkannya saja tentu sudah bisa membuat kamu ngeri kan Kips?  

Abses gigi sendiri merupakan gejala yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi abses gigi satu ini bisa muncul di sekitar akar gigi maupun di gusi kamu kapan saja dan tanpa kamu kira sebelumnya. Jadi kamu wajib lebih hati hati lagi ya Kips saat mengkonsumsi sebuah makanan.

Infeksi bakteri penyebab abses gigi biasanya kerap terjadi pada kamu yang tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dengan baik loh Kips. Atau bahkan kamu yang sering banget menyepelekan perawatan gigi dan mulut yang harus kamu lakukan setiap harinya. 

Nanah yang berkumpul di area benjolan, lama kelamaan akan terasa bertambah nyeri dan semakin besar. Hal ini lah yang membuat rasa sakit pada gigi kamu akan semakin parah dan mengganggu. Jika sudah mengalami hal ini, kamu wajib banget segera berkonsultasi dengan dokter untuk tindakan yang lebih lanjut ya Kips!

2. Di Sebabkan Oleh Gigi Patah Dan Retak

Penyebab sakit gigi lainnya yang kerap menyerang Kips semua adalah gigi patah. Gigi patah ini merupakan salah satu gejala yang sangat sering terjadi pada anak. Hal ini karena di masa masa pertumbuhan si kecil, anak-anak banyak melakukan aktivitas fisik yang membuat gigi mereka rentan untuk mengalami benturan. Namun tak jarang, kamu yang memiliki usia dewasa juga bisa mengalami masalah satu ini loh Kips. Umumnya, gigi patah ini terjadi pada gigi bagian depan akibat benturan ataupun kecelakan yang di alami.

Gigi depan yang terbentur atau patah akibat jatuh bisa mengalami berbagai kondisi setelahnya loh Kips.  Gigi patah yang kamu biarkan begitu saja dan tidak mendapatkan perawatan nyatanya bisa menjadi alasan utama gigi sakit paling utama yang kamu alami. 

Pasalnya gigi patah yang dibiarkan begitu saja akan menjadi jalan masuknya kuman dan bakteri yang masuk kedalam gigi. Kuman yang masuk ke dalam gigi tersebut lah yang nantinya akan menghasilkan endotoksin kedalam saraf kamu. Jadi jika kamu mengalami sakit gigi karena pernah mengalami gigi patah sebelumnya, bisa jadi penyebab sakit gigi yang kamu alami dikarenakan gigi patah tersebut nih Kips!

3. Penyebab Sakit Gigi Karena Penyakit Gusi

Saat gusi mengalami gangguan kesehatan, seperti infeksi, kondisi ini juga bisa membuat kamu merasakan yang namanya sakit gig loh Kips. Sakit gusi yang biasanya dialami banyak orang adalah pembengkakan gusi. Umumnya kondisi gusi bengkak ini tidak hanya akan membuat kamu mengalami sakit gigi loh Kips.

Alasan dasar sakit gigi yang satu ini juga kerap disertai dengan gejala lainnya yang tak kalah mengganggu. Mulai dari bau napas tidak sedap, rasa nyeri yang ada di sekitaran  gusi, hingga timbulnya nanah dari bagian bawah gusi dan gigi yang akan membuat kamu semakin panik.

4. Akar Gigi Yang Terbuka

Ketika tulang dan gusi pelindung akar yang berfungsi untuk menutupi akar gigimu mengalami gangguan, tentu saja kondisi ini juga akan membuat kamu merasakan gejala lainnya di sekitar gigi kamu. penyebab sakit gigi yang satu ini sering banget dialami oleh banyak orang loh Kips. Tak hanya orang yang memiliki usia tertentu, hampir semua kalangan usia bisa mengalami gejala yang satu ini. Jadi alangkah baiknya kamu selalu menjaga kesehatan organ mulut kamu dengan baik ya Kips!

5. Sinusitis

Pasti banyak dari kamu yang bertanya tanya tentang hubungan penyakit ini dengan sakit gigi. Nggak perlu khawatir Kips, berikut Kipaskipas akan menjelaskannya buat kamu. Penyakit sinusitis yang tidak diatasi dengan baik nyatanya bisa menjadi salah satu penyebab sakit gigi yang kerap kamu alami loh Kips.

Pasalnya beberapa hal yang menyebabkan sakit gigi yang satu ini disebabkan adanya posisi akar gigi bagian atas yang sangat berdekatan dengan sinus. Nah dengan alasan tersebut lah , bakteri penyebab sinusitis dapat menjalar ke akar gigi bagian atas yang bikin kamu akan mengalami sakit gigi dengan cepat.

Itu tadi beberapa penyebab sakit gigi yang wajib kamu waspadai sejak dini ya Kips. Dengan Informasi dari Kipaskipas tersebut, diharapkan kamu dapat lebih menjaga kesehatan area mulut dengan lebih baik lagi. Tentunya, kamu juga bisa mendapatkan Tips lainnya dengan sangat mudah hanya dengan menggunakan aplikasi sosial media Kipaskipas. Tunggu Apalagi? Yuk download Kipaskipas sekarang!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.