Scroll to top

Sakit Perut Bagian Bawah Sering Menghampiri Kamu? Waspadai 6 Penyebabnya!

Sakit perut menjadi salah satu penyakit yang kerap datang sebagai masalah umum yang dialami banyak orang. Banyak banget loh Kips lokasi sakit perut yang bisa saja menjadi sebagai penanda adanya beberapa masalah serius pada kesehatan kamu. Biasanya banyak dari Kips yang mengeluhkan sakit perut bagian bawah yang kerap menyerang sewaktu waktu.

Bagi banyak orang, sakit bagian bawah biasa ditandai sebagai ciri ciri kehamilan yang terjadi pada seorang wanita. Khususnya pada perut bagian kiri nih Kips. Namun ternyata tidak hanya sebagai penanda kehamilan loh Kips. Sakit perut bagian bawah juga kerap dikaitkan dengan penyakit lainnya yang harus banget kamu waspadai.

Pada dasarnya bagian bawah perut kamu merupakan tempat dari usus besar dan ovarium pada wanita. Ternyata, banyak banget kondisi yang tanpa kamu sadari dapat menjadi salah satu penyebab utama dari sakit perut bawah ini. Baik itu bagian kiri, tengah maupun kanan sama sama memiliki gejala yang berbahaya untuk kesehatan kamu.

Umumnya, Sakit perut bagian bawah sering hilang dengan sendirinya tanpa perlu perhatian khusus dari para penderitanya loh Kips. Namun, apabila kamu mengalami ketidaknyamanan yang terus menerus dan mengganggu aktivitas sehari hari, Kamu wajib banget segera berkonsultasi dengan dokter ya Kips. Karena bisa jadi itu merupakan sebuah pertanda adanya penyakit berbahaya yang menyerang pencernaan secara serius.

5 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Yang Harus Kamu Waspadai!

sakit perut bagian bawah yang wajib diwaspadai

1. Usus buntu

Radang usus buntu merupakan salah satu penyebab umum yang paling sering terjadi pada para penderita sakit perut bagian bawah. Terlebih lagi jika Kips merasakan nyeri yang teramat sangat pada perut kanan bagian bawah. Usus buntu sendiri merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya apabila kamu telat dalam menanganinya. Pasalnya usus buntu yang meradang bisa bikin kamu merasakan banyak gejala yang sangat membuatmu tidak nyaman. 

Dari mulai mual, muntah, diare, demam, sembelit, kembung dan nafsu makan menurun menjadi beberapa gejala yang kerap dialami oleh penderita usus buntu ini. Nah buat Kips yang kerap mengalami sakit perut bagian bawah dengan gejala di atas, tak ada salahnya jika kamu segera menghubungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut dari gejala tersebut.

2. Divertikulitis

Nah kalau usus buntu kerap membuat para penderitanya merasakan sakit pada bagian perut bawah sebelah kanan, berbeda dengan divertikulitis satu ini. Sebab para penderita divertikulus sendiri sangat sering merasakan sakit perut bagian bawah namun pada bagian sebelah kiri. Kips yang sering merasakan sakit di bagian tersebut kamu wajib banget waspada dengan penyakit yang satu ini loh.

Divertikulitis sendiri merupakan sebuah kondisi dimana divertikula yang ada di pencernaan kamu mengalami peradangan. Kips yang belum tahu apa itu Divertikula? Akan Kipaskipas jelaskan disini. Divertikula adalah sebuah kantong kecil yang ada dari dari tekanan pada titik titik tertentu yang memiliki kondisi lemah di usus besar kamu. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit satu ini juga tidak main main loh Kips. Dari mulai demam, mual, muntah, dan nyeri perut dapat kamu rasakan saat kamu menderita penyakit yang satu ini.

4. Gas Juga Dapat Menyebabkan Sakit Perut Bagian Bawah

Gas usus merupakan sekumpulan udara yang ditemukan di seluruh saluran pencernaan kamu. Gejala satu ini kerap kali ditimbulkan oleh makanan yang sulit untuk terurai dan membuatnya tidak terurai sepenuhnya. Dengan begitu makanan yang mencapai usus besar Kips tidak tercerna dengan baik oleh usus kamu. 

Nah dengan semakin banyak makanan yang tidak dapat melewati proses pencernaan tentu akan membuat semakin banyak gas yang ada di dalam pencernaan kamu. Gas tersebut berasal dari dalam tubuh kamu sendiri loh Kips. Saat gas sisa pencernaan tersebut menumpuk di dalam saluran pencernaan mu, hal ini lah yang akan  menyebabkan sakit perut bagian bawah dan juga rasa kembung di area pencernaanmu. 

4. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penumpukan mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Penyakit batu ginjal akan terasa sakit jika mulai bergerak atau masuk ke dalam saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Kamu Yang menderita Batu gijnal juga akan menyebabkan sakit parah di punggung dan samping, di bawah tulang rusuk, dan di seluruh perut bagian bawah dan selangkangan. Intensitas dan lokasi nyeri dapat berubah saat batu ginjal bergeser dan bergerak melalui saluran kemih.

Gejala lainnya termasuk buang air kecil yang menyakitkan, urin merah muda, merah, atau coklat, urin yang keruh atau berbau tidak sedap, mual, muntah, sering buang air kecil, demam dan menggigil.

5. Sakit Perut Bagian Bawah Juga Bisa Jadi Gejala Hernia

Hernia merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang pencernaan manusia. Penyakit satu ini kerap terjadi saat bagian tubuh atau organ dalam kamu  terdorong lewat jaringan dan otot yang tengah menahannya.  Terdapat banyak jenis penyakit hernia yang wajib kamu waspadai loh Kips, Namun kebanyakan dari semua penyakit tersebut kerap menyerang bagian perut. Hal ini lah yang membuat hernia kerap dikaitkan dengan sakit perut pada bagian bawah yang sering diderita banyak orang.

Umumnya, Gejala yang akan Kips rasakan saat menderita penyakit satu ini adalah bengkak dan juga kembung. Namun ada banyak gejala lainnya yang kerap dirasakan oleh para penderita lainnya loh Kips. Mulai dari nyeri saat mengangkat beban beban yang cukup berat bahkan hingga rasa nyeri saat kamu sedang tertawa.

6. Penyakit radang usus

Nah Kalau penyakit yang satu ini menjadi salah satu penyakit yang paling sering terjadi buat kamu para penderita sakit perut di area bawah. Pasalnya  radang usus ini merupakan sekelompok gangguan yang menyerang pencernaan mu secara signifikan dan juga melemahkan jaringan usus kamu loh Kips. 

Bahkan yang lebih parah lagi, radang usus ini juga bisa  menyebabkan perubahan di area  jaringan usus kamu loh Kips. Hal ini lah yang membuat risiko kanker kolorektal akan semakin meningkat untuk terjadi pada pencernaan kamu. Untuk itu kamu wajib banget mewaspadai penyakit yang satu ini ya Kips. Karena jika tidak sakit perut yang Kips alami juga bisa mengancam nyawamu.

Yuk lebih perhatian lagi dengan gejala gejala yang kerap kamu rasakan namun Kips tidak mengetahui penyebabnya, Ada banyak gejala lainnya selain dari sakit perut bagian bawah satu ini yang dapat membahayakan kesehatan kamu loh Kips. Kamu bisa berbagi tips kesehatan lainnya dengan mudah menggunakan aplikasi Kipaskipas loh. Aplikasi social commerce kipaskipas merupakan sebuah aplikasi yang menggabungkan antara sosial media dengan belanja online dalam satu aplikasi sekaligus. Tunggu apalagi? Yuk download Kipaskipas sekarang!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.