Scroll to top

5 Cara Mengatasi Maag Berikut Dijamin Super Efektif Untuk Kamu Coba!

Maag merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang siapapun termasuk kamu pastinya nih Kips. Penyakit satu ini memiliki sekumpulan gejala yang biasa dirasakan oleh penderitanya. Mulai dari perut mulas, mual, kembung, bahkan tak jarang dari kamu juga disertai dengan sensasi panas di dada hingga tenggorokan. Cara mengatasi maag juga terkadang tidak banyak dari kamu yang mengetahuinya loh Kips. Nah gejala gejala tersebut dapat muncul karena adanya kenaikan asam lambung yang menjadi penanda adanya iritasi yang terjadi di lapisan perut kamu, baik itu karena infeksi bakteri H. pylori atau peradangan yang kerap terjadi.

Namun Kips nggak perlu khawatir kok dalam menghadapi permasalahan yang satu ini. Karena dengan menerapkan beberapa cara yang tepat, kamu bisa membuat permasalahan maag ini pergi dan tidak akan menyerang kamu kembali. Nah Kabar baiknya nih Kips, Kipaskipas telah merangkum beberapa cara mengatasi maag untuk kamu lakukan demi bisa mengatasi gejala penyakit maag yang kerap menyerang mu di waktu yang tidak terduga duga.

cara mengatasi maag dengan mudah

1. Makan porsi sedikit tapi sering

Cara mengatasi maag yang bisa Kips lakukan pertama kali adalah usahakan untuk selalu makan tepat waktu dan dengan porsi yang lebih kecil agar Kips bisa makan lebih sering. Pastikan juga Kips makan perlahan ya. Karena dengan mengunyah makanan dengan baik kamu bisa memberikan pusat fokus pada saat kamu mengkonsumsi makanan  tersebut.

Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi porsi makan yang tidak berlebihan. Cara mengobati maag satu ini sangat ampuh untuk kamu coba loh Kips, karena dengan begitu kamu bisa menghindari kenaikan asam lambung yang sering terjadi akibat perut yang kelamaan tidak terisi makanan.

2. Jangan langsung rebahan setelah makan

Guna memberikan cara mengatasi maag satu ini  lebih efektif, kamu bisa mengusahakannya dengan cara tidak berbaring atau tiduran setelah Kips selesai makan. Sebaiknya, beri jeda 2 atau 3 jam setelah makan. Tujuannya dari semua itu adalah agar asam lambung yang diproduksi setelah makan tidak naik ke kerongkongan dan membuat maag kumat.

Namun, jangan lupa ya Kips untuk selalu memanfaatkan waktu tersebut untuk bergerak aktif, seperti melompat karena ini juga bisa memicu kambuhnya gejala maag. Sebagai gantinya, Kips bisa memanfaatkan waktu ini untuk berjalan santai agar gerakan usus jadi lebih lancar dalam mencerna makanan dan tentunya mencegah asam naik melewati perut.

3. Batasi konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak

Beragam masakan memiliki cita rasa yang khas, entah itu pedas, asam, manis, atau gurih. Nah, perlu Kips ketahui bahwa cara mengobati maag adalah menghindari atau membatasi makanan dengan rasa tertentu, seperti pedas, asam, dan gurih-gurih.

Makanan pedas yang mengandung capsaicin bisa mengiritasi lapisan perut atau lambung yang sudah terluka. Begitu juga dengan asam, yang menciptakan lingkungan di dalam perut jadi lebih asam.

Sementara makanan gurih cenderung digoreng dan asin lebih lama dicerna di perut karena tinggi lemak. Semua itu dapat memicu munculnya gejala maag, bahkan memperburuknya. Sebagai gantinya, pilih makanan untuk penderita maag antara lain tidak asam, tidak pedas, dan tentunya lebih rendah lemak. Perbanyak konsumsi buah-buahan manis berair, seperti melon atau pisang dan sayur-sayuran hijau.

4. Cara Mengatasi Maag Dengan Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik

Jika Kips memiliki maag, Kips perlu menghindari makanan tertentu. Akan tetapi, Kips juga dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan berprobiotik. Ini dijadikan sebagai cara mengatasi maag karena makanan ini mengandung bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus.

Kips tentu tahu, jika infeksi bakteri adalah satu penyebab maag, bukan? Ya, untuk melawan infeksi tersebut Kips dibutuhkan lebih banyak bakteri baik di usus agar kesehatan pencernaan semakin meningkat.

Pilihan makanan yang mengandung probiotik yang aman dikonsumsi orang dengan masalah maag, antara lain adalah yogurt rendah gula dan tempe.

5. Hentikan kebiasaan merokok untuk cara mengatasi maag

Kips seorang perokok? Jika iya, sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Selain menyebabkan berbagai masalah pernapasan, merokok juga bisa memicu naiknya asam lambung sehingga memicu kumatnya gejala maag.

Walaupun Kips sudah menjaga pola makan dengan baik, jika Kips masih merokok, gejala maag tetap bisa kambuh. Itulah sebabnya, menghentikan kebiasaan merokok menjadi cara untuk mengobati sekaligus mengatasi maag.

Berhenti merokok tentu akan menyulitkan karena tubuh mengalami penarikan nikotin dan zat-zat lain secara mendadak. Oleh karena itu, lakukan cara ini secara perlahan dengan mengurangi jumlah asupan rokok per harinya.

Ada banyak cara yang bisa Kips pilih untuk mengatasi dan mengobati maag. Kips bisa memilih cara mana yang paling ampuh, dan beralih ke cara lain jika tidak efektif. Namun, tidak ada salahnya jika mengkombinasikan semua cara tersebut agar potensinya dalam meredakan maag dan mencegahnya kambuh lagi jadi lebih besar.

Karena pada dasarnya akan lebih mudah jika kamu menerapkan cara mencegah maag tersebut ketimbang kamu mengobatinya gejala maag bersifat kambuhan. Maka bila Kips ingin melakukan beberapa cara mengatasi maag, mengobati gejalanya hanya dengan obat tidak cukup. Kebiasaan yang memicu maag kambuh juga harus diubah. Yuk temukan informasi menarik lainnya hanya di aplikasi sosial media Kipaskipas!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.