Scroll to top

Belum Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak Hingga Kini? Baca Deh 5 Tips Ini!

Tabungan Pendidikan anak saat ini merupakan sebuah hal yang wajib Kips siapkan sejak dini, dengan harapan kedepannya Kips tidak akan mengalami kesulitan dengan biaya Pendidikan yang semakin mahal di masa yang akan datang.

Pendidikan buah hati kesayangan saat ini masih menjadi satu dari banyaknya pengeluaran yang wajib Kips pertimbangkan lho. Pasalnya, guna mendapatkan pendidikan yang bermutu buat si kecil bukanlah sesuatu hal yang mudah dan murah. 

Nah, maka dari itu, masa masa paling penting demi bisa memulainya adalah saat anak masih berusia dini atau bahkan sejak awal lahir. Dengan demikian Kips bisa menghindari yang namanya kesulitan dalam menyisihkan tabungan pendidikan anak saat mereka sudah mulai bersekolah nantinya. 

Sebab pada dasarnya, banyak dari kamu yang sulit menerapkan tabungan pendidikan anak ini saat mereka telat untuk memulainya sejak dini lho Kips. Terdapat setidaknya dua pilihan yang bisa kamu pilih dalam memulai menyisihkan tabungan Pendidikan untuk si kecil,  kedua cara tersebut adalah tabungan Pendidikan dan juga asuransi Pendidikan. 

Namun untuk saat ini Kipaskipas akan secara khusus membahas yang namanya tabungan Pendidikan. Diharapkan dengan tips dan trik  jitu dari Kipaskipas ini kamu bisa mempersiapkannya lebih baik lagi ya Kips! Berikut beberapa tips jitu yang bisa Kips praktikan di kehidupan sehari hari.

Tips Jitu Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Agar Keuangan Tetap Aman!

tabungan pendidikan anak

1. Coba Memulainya Dengan Mengatur Budget Bulanan

Cara paling pertama yang Kips bisa terapkan demi tercapainya target tabungan Pendidikan anak adalah dengan mengatur budget pengeluaran bulanan kamu. Kips wajib banget menerapkan cara hidup dengan budget ini agar pengeluran kamu setiap bulannya dapat terkontrol dengan baik.

Langkah pertama yang Kips bisa lakukan demi menjalankan cara satu ini adalah dengan menyisihkan sebagian kecil uang yang memang ditujukan untuk cicilan kredit kamu, setelahnya Kips dapat menyisihkan sebagian penghasilan kamu yang di pakai untuk keperluan investasi dan tabungan. Setelah dirasa semua sudah disisihkan, barulah kamu bisa menggunakan sisa uang tersebut demi memenuhi kebutuhan kamu sehari harinya!

Idealnya, cicilan dan pinjaman yang kamu lakukan hanyalah sebesar 30% dari penghasilan kamu. Serta untuk kebutuhan proteksi dan keamanan keuanganmu, kamu dapat menyimpannya sebesar 10% dari total penghasilan bulanan mu ya Kips.

2. Ajak Si kecil Dalam Berkomitmen Terhadap Tabungan Pendidikan Anak

Terkadang komitmen kerap menjadi salah satu problem yang sering banget dihadapi banyak orang saat mereka ingin menabung . Sering kali Kips melihat orang yang memiliki semangat tinggi di awal untuk menabung namun mengalami kemunduran semangat setelah beberapa bulan kedepannya.

Nah, demi menjaga komitmen dan semangat menabung kamu tetap menyala,  Kipaskipas selalu menyarankan agar selalu melibatkan si buah hati dalam melakukan hal tersebut. Pasalnya, dengan memberikan pelajaran si buah hati untuk menyisihkan uang tabungan mereka, tentunya akan terbangun mindset yang baik untuk kedepannya bagi mereka dalam mengatur keuangannya. Kips bisa memulai mengajarkan si kecil ini  dengan pemahaman dasar pentingnya berkomitmen. Kips juga bisa untuk saling mengingatkan untuk saling berkomitmen dengan si buah hati nantinya. Jadi kamu bisa mencapai tujuan bersama dengan baik pastinya kan Kips?

3. Sisihkan Dan Jangan Pernah Sisakan

Dalam menyiapkan tabungan, terdapat salah satu prinsip utama yang wajib Kips pegang teguh lho. Hal tersebut adalah dengan selalu menyisihkan dana yang akan kamu gunakan untuk keperluan menabung dari penghasilan Kips setiap bulannya. Untuk lebih jelasnya, Kips wajib banget untuk selalu memotong langsung penghasilan Yang Kips dapatkan setiap bulannya. Ketika kamu mendapatkan gaji di setiap bulannya, Kips bisa langsung menyisihkannya untuk tabungan pendidikan anak yang Kips targetkan. Untuk besarannya sendiri, Kips bisa mengaturnya sesuai dengan kemampuan kamu masing masing ya!

4. Maksimalkan Target Tabungan Pendidikan Anak Dengan Penghasilan Tambahan

Logikanya nih Kips, semakin besar pendapatan yang Kips terima tentunya akan semakin besar juga persentase pendapatan yang wajib Kips masukan kedalam tabungan mu. Nah untuk mendapatkan penghasilan lebih, banyak cara yang dapat Kips lakukan Lho. 

Tidak perlu mengerjakan pekerjaan yang dapat menguras waktu dan tenaga kamu kok Kips, Kamu dapat memulainya dengan hanya menjual makanan ringan di kantor tempat kamu bekerja. Apabila Kips tidak memiliki waktu demi membuat makanan tersebut  untuk dijual, Kips dapat membeli makanan kemasan dengan harga grosir dan menjualnya Kembali dengan harga eceran. Pastinya akan menguntungkan bukan?

5. Selalu Disiplin

Disiplin menjadi salah satu kunci paling utama yang bisa menentukan keberhasilan kamu dalam menabung. Dengan cara apapun itu, jika Kips menabung tanpa dibarengi dengan Disiplin ini tentu akan membuat kamu kesulitan dalam mencapai target yang telah kamu tentukan sebelumnya. Agar kedisiplinan menabung kamu tetap terjaga, Kips wajib banget untuk terus membulatkan tekad dan menguatkan niat demi tercapainya tabungan pendidikan anak yang sesuai target kedepannya.

Nah Kips Udah punya rencana belum untuk Tabungan Pendidikan anak satu ini? Jika belum, segera untuk targetkan ya Kips agar kamu tidak mengalami kesulitan keuangan di masa yang akan datang. Kips juga bisa kok berbagi tips menabung lainnya dengan sangat mudah menggunakan aplikasi sosial media Kipaskipas. Tunggu apalagi? Yuk download Kipaskipas sekarang!

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.