Scroll to top

6 Serba Serbi Fakta Startup Indonesia Yang Wajib Kamu Tau Biar Nggak Kudet

fakta startup Indonesia

Pasti banyak dari Kips yang belum mengetahui secara pasti apa itu yang dinamakan startup? Pada dasarnya, startup merupakan sebutan untuk sebuah bisnis atau perusahaan yang tengah merintis usaha mereka dengan perjalanan kurang dari 5 tahun. Jadi, Kips bisa menyebutkan bahwa startup adalah sebuah perusahaan yang baru dirintis. lalu akan muncul pertanyaan di benak kamu, kalau begitu banyak banget dong startup Indonesia saat ini?

Seiring dengan kemajuan teknologi, pengertian dari startup pun juga mengalami perubahan arti. kalo dulu startup merupakan semua perusahaan atau bisnis yang baru saja dirintis, saat ini hal tersebut tidaklah berlaku lagi. Saat ini startup disematkan untuk sebuah perusahaan yang baru dirintis dan memiliki inovasi dalam arti teknologi yang menjadi salah satu kekuatan bisnis mereka dalam membuat sebuah produk. Banyak banget startup Indonesia yang saat ini tengah berjalan, namun untuk kesuksesannya, tidak semua startup Indonesia dapat merasakan hal itu loh Kips. 

Nah buat kamu yang penasaran dengan serba serbi dan fakta menarik seputar startup Indonesia, kamu wajib banget nih baca artikel yang akan Kipaskipas bagikan berikut agar kamu tidak ketinggalan informasi. Yuk disimak!

1. Bekerja Di Startup Indonesia Akan Memberikan Kesempatan Belajar Banyak Skill

Tak semua perusahaan akan bisa memberikan sebuah kesempatan belajar yang banyak untuk para tenaga kerja mereka demi bisa mempelajari skill skill baru yang akan dibutuhkan kedepannya. Namun hal tersebut tidak berlaku apabila kamu bekerja di perusahaan startup, karena saat kamu bekerja di perusahaan startup, kamu akan memiliki kesempatan belajar skill skill baru yang belum pernah kamu dapatkan dimanapun sebelumnya. 

Dengan pekerja yang memiliki rentan umur yang tidak begitu jauh, mungkin menjadi salah satu alasan komunikasi antar pekerja di dalam dunia startup berjalan dengan baik. Hal itu terjadi karena rasa pertemanan dan profesional yang tetap dijunjung tinggi. Dengan hal itu maka persaingan untuk bekerja didunia startup akan semakin sengit. karena, tentunya banyak banget dari Kips yang juga menginginkan untuk bekerja di salah satu perusahaan startup di Indonesia.

2. Rekan Kerja Yang Seumuran

Seperti yang telah dikutip di point sebelumnya, Pasti banyak banget dari Kips yang kepengen untuk bekerja sekaligus menjadi sahabat dengan rekan kerja kamu sendiri? hal itu akan Kips rasakan apabila Kips memiliki rekan kerja yang seumuran di dalam perusahaan tersebut. Biasanya, Startup memiliki kesempatan yang sangat luas bagi para anak muda seperti kamu untuk menjadi salah satu bagian dari mereka. Tak heran, banyak dari fresh graduate yang mencoba peruntungan mereka dengan melamar di perusahaan startup di Indonesia.

Dengan rentan usia yang sepantaran, maka tak jarang dari kamu yang bekerja di startup akan merasakan rekan kerja seperti teman kamu sendiri, hal ini sangat baik bagi kamu dalam menjalankan sebuah pekerjaan. Selain komunikasi yang akan semakin terjalin dengan baik, kamu juga bisa bertukar pikiran dalam sebuah project yang ada. Namun, kamu juga harus tetap menjunjung tinggi profesionalitas kamu ya Kips. Agar nantinya kamu tidak menjadi pekerja yang semena mena dan malah merugikan banyak pihak.

3. Jam Kerja Flexible di Startup Indonesia

Walaupun tak bisa di pungkiri, dengan adanya kebijakan yang satu ini membuat banyak dari kamu yang mengalami dampak positif maupun negatif yang kamu rasakan. Tapi tetap saja, Kebijakan yang satu ini akan tetap menjadi salah satu kebijakan yang paling digemari oleh banyak dari kamu ya Kips pastinya. Karena, dengan adanya jam kerja yang longgar dan fleksibel, Kamu akan punya banyak waktu sesuai dengan mood kamu untuk melakukan pekerjaan dan produktif.

Tapi, banyak juga nih dari kamu yang tidak begitu suka dengan jam kerja flexible ini. Umumnya sih alasan mereka yang tidak suka adalah jam kerja yang fleksibel malah membuat mereka kesulitan dalam mengatur jam kerja mereka dan justru bikin mereka harus lembur hingga larut malam tanpa dibayar.

4. Bos Yang Baik Hati Dan Tidak Sombong

Biasanya Bisnis startup adalah bisnis yang dipimpin oleh bos dari kalangan anak muda yang memiliki visi dan pemikiran kreatif dalam menciptakan sebuah inovasi yang melibatkan teknologi didalamnya. Maka tak heran jika bos yang ada di perusahaan startup masih terbilang mudah dalam hal usia.

Hal ini lah yang menjadi salah satu faktor kalau banyak dari Kips yang berkata bos di perusahaan startup Indonesia pada umumnya baik hati dan tidak sombong. Dengan usianya yang dapat dikatakan tergolong muda namun telah memiliki sebuah bisnis sendiri tentunya akan menjadi sebuah inspirasi bagi para karyawannya. Seorang bos di perusahaan startup akan kamu rasakan seperti halnya seorang pelatih yang akan membimbing kamu dengan metode yang tidak membosankan tentunya Kips.

5. Ruang kerja Startup Indonesia Lebih banyak Open Space

Ruang kerja open space juga menjadi salah satu ciri khas dari startup yang banyak dari kamu semua pasti telah mengetahuinya.Open space sendiri diterapkan di perusahaan startup Indonesia bukanlah tanpa sebab loh Kips. Karena biasanya perusahaan ini masih dalam tahap rintisan, maka ruangan yang ada pun tidak akan seluas seperti kantor pada umumnya. Alasan lainnya, dengan open space sendiri akan membuat kamu lebih mudah dalam menjalankan komunikasi dengan rekan kerja yang kebanyakan teman kamu sendiri. Jadi lebih mudah deh ngobrolin pekerjaan dengan tim lainnya.

6. Sosial Media Sebagai Ujung Tombak Startup

Pastinya bukan menjadi rahasia umum lagi jika sosial media merupakan salah satu alat promosi yang paling jitu digunakan oleh banyak startup saat ini. Hal itu terjadi karena karena sosial media adalah salah satu media yang punya daya tarik paling besar demi bisa memenuhi target pasar dari perusahaan startup. Karena seperti yang Kips tahu, saat ini banyak banget orang yang menghabiskan waktu mereka untuk sekedar bersosial media dan melakukan interaksi di dalamnya. Maka tak heran, jika startup yang sangat berkembang saat ini adalah mereka mereka yang punya branding kuat di sosial media.

Nah itu tadi Kips beberapa fakta dan serba serbi startup Indonesia yang dapat kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Kamu juga bisa loh menambah lebih banyak lagi informasi dengan cara mendownload aplikasi Kipaskipas. Karena di Kipaskipas, kamu bisa bersosial media sekaligus berbelanja dalam satu aplikasi! Seru bukan? Tunggu apalagi? Yuk donwload Kipaskipas sekarang.

Author avatar
Zafar Andreansyah

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.